Bukit Durian Purwakarta Istimewa

Berkebun Cerdas Era Milenial

Terungkap, Asal Muasal Durian Kromo sang Penantang Durian Montong !!!

Terungkap, Asal Muasal Durian Kromo sang Penantang Durian Montong !!!

Terungkap, Asal Muasal Durian Kromo sang Penantang Durian Montong !!!

Banyaknya varian jenis buah durian di tanah air sudahlah tidak asing lagi di kanca dunia. Bahkan sekelas negara Thailand yang juga terkenal buah duriannya mengakui bahwa Indonesia memiliki banyak varian jenis durian yang menarik, sehingga banyak juga bibit durian dari Indonesia yang dikirim ke negara Thailand untuk dikembangkan dinegaranya.

Durian montong yang kita ketahui dan sering dijuluki sebagai raja buah durian karena Buahnya yang besar dan memiliki rasa yang lezat disebut juga buah khas Thailand. Bahkan durian Montong yang dijual di Indonesia kebanyakan durian yang di impor dari negara Thailand.

Tercatat Indonesia bisa mengiimpor hingga 19 ton durian montong dari Thailand setiap tahunnya.

Eits tapi tunggu dulu, Kini para pecinta durian di tanah air telah menemukan varian durian yang gak kalah dari durian montong. Namanya adalah durian Kromo.

 

Durian Kromo adalah durian yang tumbuh di daerah Kemranjen kota Banyumas. Durian Bawor kini menjadi ikon masyarakat Banyumas. Sejarah penemuan buah Durian jenis Kromo ini ternyata cukup unik dan memiliki proses yang cukup panjang.

Ditemukan oleh Haji Saiman Nursoim yang lebih dikenal dengan Mbah Kromo, konon beliau menemukan pohon durian di pekarangannya di Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen, Banyumas, 1985 lalu. Di tahun 1990-an beliau mulai mengembangkan durian dari berbaga macam indukan bibit durian, sehingga lahirlah bibit durian unggul dengan nama Durian Kromo Banyumas atau sering disebut Durian Bawor.

 

Keunggulan durian Kromo Banyumas ini adalah memiliki daging buah yang tebal dan berwarna orange, rasanya manis creamy, serta bijinya kecil. Durian Kromo Banyumas dapat berbuah di usia 3-4,5th dan bisa panen sebanyak 3 kali dalam kurun waktu satu tahun.

 

Durian Kromo Banyumas merupakan satu-satunya varian durian yang tumbuh di Desa Kemranjen yang sangat di support oleh warga sekitarnya, sehingga dengan proses yang cukup panjang akhirnya Durian Kromo Banyumas resmi memiliki Sertifikasi Resmi dari pemerintah.

 

Kini durian kromo banyumas telah mengangkat Ekonomi petani dan warga yang ada di Desa Kemranjen, Banyumas. Hanya dengan membudidayakan tanaman dan buah Durian Kromo, warga dan petani sekitar jadi memiliki potensi usaha yang siap meng-Supply buah durian ke berbagai macam kota dan provinsi di Indonesia.

Baca ini Juga, Perkebunan Durian Terbesar di Purwakarta

Bukit Durian Purwakarta Istimewa

Copyright @2020 Bukit Durian Purwakarta Istimewa